Welcome To Kominfo Polman Blog...Media Komunikasi dan Infomasi Masyarakat Kabupaten Polewali Mandar...

Saturday, September 24, 2011

Tidak Ada Pungutan bagi calon siswa baru

Wakil Bupati Polewali Mandar (Wabup Polman), Najamuddin Ibrahim menekankan kepada semua jajaran elemen pendidikan di Polman khususnya pengelola sekolah, hendaknya menghindari atau tidak membuat kebijakan yang dapat menimbulkan tanggapan buruk masyarakat terkait pungutan kepada para calon siswa baru.

"Tidak boleh ada pungutan kepada para calon siswa, kecuali beberapa sekolah yang memiliki kualifikasi standar khusus. Pemerintah daerah tidak akan menolerir alasan-alasan dalam memungut dana sumbangan atau apapun bentuknya kepada masyarakat, baik itu alasan seragam sekolah maupun sumbangan atas nama komite sekolah dan sebagainya.

Saya tegaskan, pemerintah daerah tidak akan segan untuk menindak jika ada aparat atau pengelola yang berani melanggar kebijakan tersebut,"kata Wabup pada acara seminar hari pendidikan Nasional beberapa pekan lalu.

Wabup Najamuddin Ibrahim juga meminta kepada Disdikpora Polman untuk segera membuka layanan pengaduan masyarakat, baik itu dalam bentuk layanan telepon maupun layanan SMS.

Hal tersebut penting, untuk memudahkan masyarakat untuk ikut mengontrol dan mengawasi pengelolaan pendidikan di Polman. Tak kalah pentingnya, saya sampaikan kepada para pengelola sekolah untuk menerapkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pendidikan di masing-masing sekolah.

Ketika ditanya terkait batas besaran yang bisa diperbolehkan untuk memungut khususnya pada sekolah-sekolah yang memiliki kualifikasi standar khusus, Ia, menyampaikan, tidak punya kompotensi untuk hal tersebut.

Terkait pembayaran di RSBI SMAN 1 Polewali yang mencapai Rp 2 juta, Ia mempertanyakan item-item apa saja yang menjadi alokasinya sehingga nilainya mencapai jutaan rupiah tersebut.

"Semestinya dari Diknas melakukan pengkajian jika nilainya sudah sampai seperti itu, item-item apa saja yang dibayar didalamnya karena jumlah besaran tersebut cukup tinggi bagi para orang tua siswa,"sebut mantan Kepala Dinas PU tersebut.

Di Polewali Mandar,terdapat tiga sekolah berkualifikasi khusus RSBI yaitu SMAN 1 Polewali,SMKN 1 Polewali,dan SDN 066 Pekkabata, Dan sekolah lain yang sementara dalam persiapan RSBI adalah SMPN 3 Polewali.(Dian Afrianty/BKP)