Welcome To Kominfo Polman Blog...Media Komunikasi dan Infomasi Masyarakat Kabupaten Polewali Mandar...

Saturday, September 24, 2011

Polman Dapat PNPM Generasi Rp7,2 M

Kabupaten Polewali Mandar (Polman) kembali mendapatkan anggaran PNPM tahun ini melalui dana PNPM generasi sebesar Rp7,2 M yang akan dibagikan pada lima kecamatan yaitu Kecamatan Tutar sebesar Rp1,8 m, Kecamatan Matangnga sebesar Rp 1.050.000.000, Kecamatan Balanipa sebesar Rp1,8 M, Kecamatan Anreapi sebesar Rp750 juta dan Kecamatan Alu sebesar Rp1,8M.

PNPM Generasi tersebut bertujuan dalam rangka mendukung Generasi Sehat dan Cerdas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPMPD Polman, Akmal Hidayah saat menyampaikan sambutan pada Musrenbang P2SPP Kabupaten Polman yang dilaksanakan di Hotel Lilianto, beberapa pekan lalu. Dalam pertemuan yang dihadiri oleh PJOK, para setrawan, FK, camat dan undangan lainnya, Akmal Hidayah menyampaikan, dengan adanya penambahan dana PNPM Generasi untuk Kabupaten Polman sebesar Rp7,2 M, tahun ini, pengelolaan dana PNPM di Polewali Mandar mencapai Rp41 M yang terdiri dari PNPM reguler dan P2SPP.

"P2SPP sebagai pilot project di Sulbar sudah memasuki tahun kedua. P2SPP tersebut diharapkan betul-betul dilaksanakan sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat. Hasil pelaksanaan di lapangan itulah yang dilihat oleh pusat sehingga pada tahun ini kembali diberikan alokasi dana P2SPP,"kata Akmal Hidayah.

Mantan Asisten Kesra dan Pemerintahan tersebut juga mengungkapkan, dalam pelaksanaan PNPM reguler, terdapat enam kecamatan yang mendapatkan dana sebesar Rp 600 juta yaitu Kecamatan Campalagian, Kecamatan Limboro, Kecamatan Luyo, Kecamatan Mapilli, Kecamatan Wonomulyo. Keenam kecamatan tersebut pada saat rakernas telah dijanjikan untuk diberikan tambahan dana,namun hinga saat ini belum ada realisasinya.

Diharapkan pula kepada desa atau kecamatan penerima program PNPM untuk memperhatikan betul-betul usulan program jangan sampai tumpang tindih dengan program dari SKPD.

Ia juga menekankan kepada semua desa untuk memperhatikan RPJMDesa.

"Meskipun sudah dilaksanakan pelatihan, masih ada desa yang tidak bisa membuat RPJMDesa. Dan itu telah kami tekankan, desa yang tidak ada RPJMDesa tidak akan dikucurkan ADD dan TPADnya,"tegas Akmal.

Sementara itu, Bupati Polewali Mandar, Ali Baal Masdar meminta kepada BPMPD untuk membuat tim dalam memberikan pelatihan kepada desa yang memang belum bisa membuat RPJMDesa.

"Memalukan jika masih ada desa yang tidak bisa membuat RPJMDesa. Kepada BPMPD sebaiknya buat tim untuk memberikan peltihan dan bimbingan kepada mereka hingga mereka bisa,"kata Ali Baal. (Dian Afrianty/BKP)

No comments: