Welcome To Kominfo Polman Blog...Media Komunikasi dan Infomasi Masyarakat Kabupaten Polewali Mandar...

Monday, September 5, 2011

ABM;Saya Selalu Siap untuk dikritik

"Pembangunan di Polewali Mandar bisa maju karena adanya fungsi kontrol media.Koran sangat berarti bagi saya dan saya tidak pernah marah jika dikritik.Saya selalu siap untuk dikritik demi kemajuan pembangunan. Akan tetapi, kalau ada sesuatu yang diberitakan, kemudian diklarifikasi kepada kami sebagai pemerintah, saya minta klarifikasi itu dimuat dalam pemberitaan, sehingga pemberitaanya berimbang,"kata Bupati Polewali Mandar,Ali Baal Masdar (ABM)saat menyampaikan sambutan pada HUT Radar Sulbar, beberapa waktu lalu.

Ali Baal juga menyampaikan, pemerintah membutuhkan kritik yang konstruktif dan proporsional. Kritik media merupakan pertanda dukungan dalam rangka perbaikan.

Ali Baal juga mengatakan, media merupakan sebuah industri yang tidak terlepas dari faktor ekonomi, tapi harus disadari pula bahwa masyarakat selalu menaruh harapan kepada media sebagai pilar demokrasi yang dituntut selalu menjaga independensi untuk kepentingan masyarakat.

"Media harus bebas dari kapitalisme dan kepentingan politik, sehingga harus memiliki potensi agar tidak terpengaruh oleh kepentingan pihak tertentu demi melanggengkan kekuasaan tanpa mempertimbangkan kepentingan masyarakat yang lebih besar.

Saya berharap Radar Sulbar betul-betul menjaga independensi,memahmai tugas dan tanggung jawab profesi yang diemban untuk kepentingan masyarakat sehingga terwujud kesejahteran yang merata dan berkeadilan,"kata Ali Baal Masdar.

Karena itulah, kemitraan media dan pemerintah merupakan faktor yang sangat penting dalam rangka pelaksanaan pembangunan. Media perlu terus dikembangkan untuk menggerakkan potensi daerah dan masyarakat, mengawal dan meluruskan tujuan pembangunan, serta menjaga dan memeliharasuasana agar selalu kondusif.

Sementara itu,Komisaris PT Media Fajar, Syaifuddin Mekka pada kesempatan tersebut juga meminta kepada para wartawan untuk terus meningkatkan profesionalisme serta tetap memelihara kemitraan kepada semua orang karena wartawan memang tidakbisa dipisahkan dari rakyat.

"Banyak yang dikritik akhirnya jadi baik. Dan itulah wujud dari partsipasi media terhadap pembangunan di suatu daerah,"kata Syaifuddin Mekka.

Direktur Radar Sulbar, Naskah M Nabhan juga menyampaikan, media memiliki fungsi sebagai penyampai informasi, kontrol sosial ,hiburan, pendidikan.

"Dalam menjalankan fungsinya tersebut, Radar Sulbar akan selalu bersikap profesional dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, serta akan selalu bersifat independen,"kata Naskah M Nabhan. (Dian Afrianty/BKP)

No comments: